Persiapan

Bila kita sudah paham dengan peralatan dapur, mari kita lengkapi juga pengetahuan kita dengan tehnik dalam mempersiapkan atau dalam memasak. Beberapa tehnik dasar yang harus kita ketahui antara lain adalah:

Mencacah (Chop)

Memotong makanan menjadi potongan kecil menggunakan pisau utama. Gunakan tangan anda untuk menahan ujung pisau anda dan tangan lainnya untuk menggerakan gagang pisaunya sehingga mendapatkan gerakan mengayun. Makanan dapat dicacah kasar maupun halus.

Menghancurkan (Crush)

Tehnik ini biasanya digunakan untuk mengeluarkan aroma bawang putih dan rempah lainnya. Dengan menggunakan sisi datar pisau dan menekannya. Tehnik ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan rolling pin atau palu daging.

Potong kotak (Cube or Dice)

Memotong makanan menjadi kotak-kotak. Bisa dilakukan dengan pisau atau alat pemotong berbentuk kotak.

Potong Panjang (Julienne)

Tehnik potong ini biasa digunakan untuk memotong wortel, batang sledri atau ketimun. Bentuk potongan memanjang seperti batang korek api.

Parut kecil (Grate)

Memarut dengan parutan lobang kecil sehingga hasil parutan menjadi potongan kecil

Parut Panjang (Shred)

Memarut dengan parutan lobang besar dan menghasilkan bentuk panjang.

Itulah beberapa tehnik dalam persiapan memasak.

 

Berikut ini adalah beberapa istilah tehnik memasak yang juga harus kita ketahui dan kuasai.

 

Goreng Minyak Banyak (Deep-Fry)

Menggoreng dengan minyak banyak adalah tehnik memasak dengan menenggelamkan makanan di dalam minyak yang sangat panas. Tehnik ini sangat mementingkan jenis minyak yang dipakai. Minyak yang paling cocok untuk Deep-Fry adalah minyak kacang tanah atau minyak kacang kedelai karena memiliki titik asap (temperature tertinggi pada saat minyak goreng mengeluarkan asap) yang paling tinggi. Temperatur minyak pada tehnik ini harus sangat tinggi guna menghindari makanan menyerap minyak terlalu banyak.

Sangrai (Dry-Fry)

Sangrai adalah menggoreng tanpa menggunakan minyak, mentega atau jenis lemak apapun. Biasa digunakan untuk menggoreng jenis makanan India dan mexico.

Tumis (Stir Fry)

Metode Masak ini datang dari Benua Asia dan merupakan salah satu tehnik masak yang sehat karena hanya menggunakan sedikit minyak. Ada beberapa tehnik tumis, dua diantaranya yang sering digunakan adalah memasak dengan api besar, sedikit minyak dan mengaduk makanan secara terus menerus hingga matang. Yang kedua adalah cara basah, biasanya menggunakan sedikit air atau air kaldu.

Rebus

Ada beberapa tipe merebus seperti berikut ini;

  • Boil: Merebus makanan pada titik didih atau sampai dengan titik didih (100oC).
  • Simmer: Merebus makanan hingga sebelum titik didih
  • Blanch: Mencelupkan makanan ke dalam air mendidih selama beberapa detik.

Kukus (Steam)

Kukus merupakan tehnik sehat dalam memroses makanan karena makanan tidak tersentuh langsung dengan cairan sehingga nutrisi dan vitamin pada makanan tidak hilang. Cara mengukus bisa dilakukan dengan kukusan besi, panci kukusan atau dengan kukusan bambu. Panaskan air hingga mendidih dalam panci dan tempatkan kukusan di atas air mendidih. Kukus hingga matang.

Panggang (Bake)

Panggang berarti memasak makanan di dalam oven dengan udara panas.

BBQ (Barbeque)

Tehnik memanggang dengan batu bara panas. Bisa juga menggunakan panggangan elektrik. Biasakan untuk melakukan metode ini di luar ruangan karena asap yang timbul dari bara api mengandung carbon monoxide.

Itulah sekiranya beberapa tehnik persiapan dan memasak yang setidaknya harus kita ketahui. Masih banyak lagi hal lainnya mungkin bisa kita bahas di lembar yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: