Basic

Sebelum memulai dengan resep, ada baiknya bila kita mengenal dan memiliki dahulu barang-barang yang diperlukan dalam memasak.
Mengukur dengan benar adalah salah satu kiat dalam menghasilkan masakan yang baik.

Ini adalah beberapa alat ukur yang digunakan dalam memasak.

Pengukur cairan (Measuring Jug/cup)

Biasanya terbuat dari gelas atau plastik berukuran 600ml dan 1.2 liter. Ada lekukan penuang pada bibir gelas dan mempunyai garis-garis pengukur dalam ukuran metric.
Penggunaan yang baik bisa dilakukan dengan menempatkan gelas di alas yang rata dan menunduk hingga pandangan mata sejajar dengan permukaan cairan.
Semprotkan sedikit minyak pada permukaan gelas ukur bila ingin mengukur cairan yang sifatnya lengket seperti madu atau simple syrup agar udah dibersihkan.

Neraca ukur (Kitchen Scales)

Neraca ukur banyak digunakan pada resep Asia dan Eropa. Terdapat dalam jenis neraca manual maupun digital.

Sendok ukuran (measuring spoons)

Sendok ukuran ini ideal untk mengukur bahan cair maupun kering. Biasanya terdiri dari ukuran ¼ , ½ , dan 1 sdt juga 1 sdm.

Gelas ukur (Measuring Cups)

Resep Amerika lebih banyak menggunakan gelas ukur dibandingkan dengan neraca ukur. Gelas ukur lebih sering digunakan untuk bahan kering dan padat. Biasanya terbuat dari bahan stainless steel atau plastic.

 

Pisau juga merupakan alat yang penting di dapur. Belilah pisau dengan kualitas yang baik. Memang biayanya cukup tinggi tapi kualitas yang baik akan bertahan lama. Jenis pisau sangat banyak, 3 jenis pisau dibawah ini adalah yang terpenting dalam perannya di dapur.

Pisau Utama (Cook’s Knife/Chef’s Knife)

Pisau ini berukuran sampai dengan 30cm mempunyai kurva lengkung pada sisi tajam, bisa digunakan untuk mengiris, memotong dan mencacah. Pisau ini merupakan tulang punggung dalam peralatan dapur.

Pisau Buah (Paring Knive)

Pisau ini berukuran sekitar 6-9cm. Sering digunakan untuk memotong sayuran dan buah.

Pisau Roti (Bread Knife)

Pisau ini mempunyai sisi tajam yang bergerigi. Baik digunakan untuk memotong roti.

Dengan adanya pisau tentu kita juga memerlukan alas potong/talenan. Talenan sebaiknya digunakan terpisah sesuai fungsinya. Untuk memotong daging, unggas, ikan dan makanan laut yang mentah dapat menggunakan talenan dari bahan plastik keras atau kaca tebal. Sedangkan talenan bahan kayu baik digunakan untuk memotong buah, sayur dan roti.

Peralatan lain untuk dapur adalah alat pembuka kaleng, Spatula, Sendok masak kayu, Ayakan, thermometer, alat pengukur waktu (timer), parutan, gunting dapur, alat pencapit (tongs), dan alat pengaduk (whisk). Tidak ketinggalan wajan dan panci.

Kurang lebih hal-hal diataslah yang sangat diperlukan di dapur anda, untuk peralatan lainnya bisa dilengkapi perlahan tentunya sambil mengembangkan keahlian memasak kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: